HomeBahan AjarTugas Kelompok 8 Kelas 8H Mata Pelajaran Quran Hadis

Tugas Kelompok 8 Kelas 8H Mata Pelajaran Quran Hadis

Tugas Kelompok 8 Kelas 8 Mata Pelajaran Quran Hadis

LANGKAH – LANGKAH PENGERJAAN TUGAS KELOMPOK 8

Anggota kelompok :

– Ridho Achmad Guntara , absen 29
– Robina Bilqis Alzena Rahmawati , absen 30
– Syifa Nur Faturrohmah , absen 31

LANGKAH – LANGKAH

1. Pembagian tugas antar anggota kelompok.

2. Pembuatan/penyusunan naskah oleh Ridho.

3. Pembuatan video sesuai tugas yang telah dibagikan. Bilqis membaca qiora’ah , Syifa membaca artinya dan untuk pembacaan isi kandungan di bacakan oleh Bilqis dan Syifa.

4. Pengumpulan video yang telah dibuat kepada editor [Bilqis]

5. Pengeditan video oleh Bilqis

7. Penguplodan video ke youtube

8. Pembuatan laporan oleh Syifa

9. Pengumpulan tugas kepada guru mata pelajaran

10. Ini hasil tugas dan link youtube ny [ https://youtu.be/LxlumrsiWl0 ]

NASKAH TUGAS KELOMPOK

1. Assalamu’alaikum wr wb Saya Robina Bilqis Alzena Hendrawati bersama Syifa Nur Faturrohmah akan Membacakan Qs.Al-Baqarah Ayat 254 beserta artinya dan Isi Kandungannya sementara pembuatan skrip saya serahkan kepada Ridho Achmad Guntra.
2. Yang pertama Adalah Pembacaan Qs.Al-Baqarah Ayat 254 oleh saya sendiri:

يأيها الذين امنوا أنفقوا م ارزقنگه من قبل أن يأتي يوم لا بيع فيه ولا خلة ولا شفا عة والكفرون هم الظلمون

yaaa ayyuhallażiina aamanuuu angfiquu mimmaa rozaqnaakum ming qobli ay ya-tiya yaumul laa bai’ung fiihi wa laa khullatuw wa laa syafaa’ah, wal-kaafiruuna humuzh-zhoolimuun
3. Selanjutnya Pembacaan Arti oleh Syifa Nur Faturrohmah :
Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim
4. Dan Pembacaan Isi Kandungan Oleh Syifa Nur F dan Robina Bilqis A.R :
Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan rasul-Nya serta mengikuti petunjuknyal Infakkanlah dengan mengeluarkan sebagian dari rezeki yang telah kami berikan kepadamu. baik dalam bentuk yang wajib seperti zakat maupun 1 infak yang bersifat sunah. Bersegeralah sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli yang mendatangkan keuntungan atau seseorang dapat membeli dirinya dengan sejumlah harta yang ia bayarkan sebagai tebusan agar dirinya tidak mendapat siksa Tuhan pada hari kiamat. ketika tidak ada lagi persahabatan yang memungkinkan seseorang membantu menyelamatkanmu dari azab Allah walau persahabatan itu sangat dekat. Kalau sahabat yang sangat akrab saja tidak bisa apalagi teman biasa. Dan pada hari itu tidak ada lagi syafaat pertolongan dari seseorang yang dapat meringankan azab kecuali dari orang-orang yang mendapat izin dan ridho dari Allah. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim dengan melampaui batas-batas yang telah ditetapkan oleh Allah, sebab mereka tidak menyambut baik seruan kebenaran. Maka dari itu marilah kita Infaq walaupun hanya sedikit. Percayalah bahwa Allah akan membalasnya dengan berlipat Ganda
5.Sekian dari kami mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan Wassalamu’alaikum wr wb

Isi Kandungan QS. Al-Baqarah (2): 254

Surah Al-Baqarah adalah surah ke 2 dalam al-Qur‘an . Surah Al-Baqarah termasuk surat Madaniyah karena diturunkan di kota Madinah. Surah Madaniyah isinya cenderung seruan agar orang-orang beriman melaksanakan kewajiban beribadah, beramal saleh dan berjuang di jalan Allah Swt.

Secara umum penduduk Madinah mudah diajak dialog dan terbuka terhadap perubahan. Mereka memiliki akhlak baik, tidak berjudi, tidak mabuk-mabukkan dan mayoritas beriman kepada Allah Swt.

Secara umum pada zaman Rasulullah Saw. profesi orang-orang Madinah adalah sebagai petani. Oleh karena itu karakter orang Madinah terkenal ramah, tolong menolong, berakhlak mulia dan sangat terbuka, serta sangat menjunjung tinggi kebersamaan. Orang Madinah jauh dari nuansa kekerasan,

Sehingga dalam QS. Al-Hasyr (59): 9 Allah Swt. berfirman yang artinya ” Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik”

Dengan demikian QS. Al-Baqarah (2): 254 sangat sesuai dengan karakter orang-orang Madinah untuk mendapat seruan Allah Swt. agar mereka menunjukkan kualitas keimanannya dengan menginfakkan sebagian rezekinya.

Dalam QS. Al-Baqarah (2): 254 Allah Swt. menyeru orang-orang yang beriman agar menafkahkan hartanya, baik sedekah yang wajib (zakat) maupun sedekah yang sunnah. Dan hendaknya bersegera untuk menafkahkan sebagian rezeki yang Allah Swt. karuniakan sebelum datangnya hari kiamat. Karena setelah kiamat tiba maka seseorang tidak dapat menebus dirinya dengan harta apapun. Pada saat itu tidak ada pertolongan dari sahabat dan kerabat, bahkan keturunan pun tak ada yang peduli lagi.

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. al-Mukminun (23 ): 101, yang artinya “Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak ada pula mereka saling bertanya”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles