HomeRuang BKPARENTING, MEDIA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN GURU

PARENTING, MEDIA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN GURU

“Duuuh….anak saya kecanduan gadget.” Demikian keluhan yang dilontarkan orang tua saat berkonsultasi mengenai perkembangan anaknya, khususnya selama pandemi dan pembelajaran jarak jauh.

Menjadi orang tua tak ada sekolah yang mencetaknya. Maka dari itu, orang tua perlu menimba pengetahuan, mengembangkan wawasan dan melatih kemampuan mendampingi anak dengan bersumber dari berbagai arah.

Merdeka belajar tidak hanya berlaku bagi warga sekolah. Pun orang tua, bila mereka senantiasa ingin update dalam memahami putra-putrinya. Media sosial seperti YouTube dengan berbagai chanel seputar mendidik anak dapat dijadikan sebagai alternatif belajar.

Bukan hanya masalah sulit atau mudahnya menjadi orang tua, yang perlu digarisbawahi adalah seberapa penting memiliki pengetahuan, pemahaman dan perilaku yang dapat mengantarkan anak menjadi insan-insan berguna.

Berkaitan dengan hal ini, tim bimbingan dan konseling MTs Negeri 2 Kota Bandung pada tanggal 1 dan 2 November 2021 mengadakan kegiatan Parenting bertema “Anak, Gadget dan Permasalahannya”. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada orang tua untuk mendampingi peserta didik khususnya selama pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka terbatas.

Kepala MTs Negeri 2 Kota Bandung, Dra. Hj. Rokhayati, M.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa perbedaan zaman antara orang tua dan anak harus disikapi dengan baik. Orang tua hendaknya meng-up date kemampuannya, salah satunya adalah dengan menghadiri kegiatan parenting yang dilaksanakan ini. Komunikasi yang terjalin antara orang tua dan guru diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mengoptimalkan perkembangannya.

Anak milenial, mainannya tentulah perangkat digital. Mengalihkan perhatian mereka dari gadget harus diimbangi dengan pendampingan yang memadai, mengarahkan pada kegiatan-kegiatan yang menarik perhatian dan diminati oleh anak.

Tak ada cara jitu dan instan. Mendidik adalah proses berkepanjangan. Hasilnya tidak akan terlihat segera. Perlu kesabaran dan kerjasama dengan berbagai pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles